23 December 2009

Filled Under:

Aku, masjid, BMT dan isi dompetku

Aku, masjid, BMT dan isi dompetku ???. Sebenarnya saya sekarang ber-azzam untuk membuat blog culun ini jadi blog pribadi yang haqiqi dan tidak usah lagi menulis hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan saya, saya, kambing, arya dan saya lagi. Pagi ini 6 Muharram 1431 H akan menjadi saksi tentang ini.

Aku dan Masjid
Saya merasa memang telah berevolusi setidaknya sekitar 280 derajat semenjak aktif di BMT dan berimplikasi juga menjadi aktifis masjid gadungan. Orang bakal bertanya "ini remaja masjid mana sih ??? kok ada di mana-mana ?". Dan begitu kenyataannya semenjak ikut aktif di BMT, aku berusaha mencintai masjid dan berusaha berIslam dengan kaffah. Itu semua berkat hidayah Allah. Aku ikut Ust. Roesli "Harley Davidson" hampir di semua kajian, hingga orang-orang bertanya "antum siapa ?, ya kujawab saja ringan "Asisten dan pengawal pribadi "secret servicenya " Pak Roesli". Tapi saya pikir sangat ironis sekali, karena aku tidak aktif di masjid yang hanya berjarak 10 meter depan rumahku karena masalah kecil (aku rasa kita beda fikrah) dan akti di masjid yang berjarak hampir 1 km dari rumah.

Selain memang tidak ada ruginya jadi aku yang sekarang. Aku bisa belajar langsung dari ustadz-ustadz kelas atas, seperti DR. Muslih Abdul Karim, MA, DR. Idris Abdul Shomad, MA, Ust. Daud Rosyid, Bang Debby Nasution, Ust. M. Ihsan Tandjung, Ust. Fatudin Jaafar, Ust. H Masrur Ahmad, Tifatul Sembiring dan nama lainnya yang jika ditulis di sini mungkin akan jadi satu halaman khusus.

Aku dan BMT
Point ini sangat erat kaitannya denganku saat ini. Aktif di BMT Al Fithrah sudah menjadi kebanggan tersendiri dan menjadi sarana belajar yang terbaik dalam mengkristalkan pengalaman hidupku dan ditambah lagi dapat uang saku. Tentunya memiliki nilai penting, bahkan sangat penting dalam hidupku. Di sini kami berjuang untuk memberdayakan ummat agar berdaya dan ikut meringankan kesulitan mereka yang tidak tersentuh oleh bank. Menurutku (pribadi) BMT kami ini adalah BMT yang ada dalam kategori terbaik dari sisi baitul maalnya dan benar-benar menjalankan fungsi syariahnya sesuai dengan yang diajarkan dalam islam. Seperti yang paling dominan adalah, sangat toleransi pada nasabah berkategori NPF "Non performing finance" dengan memberikan waktu yang lebih lapang pada mereka hingga bisa membayar. Hingga terkadang saya rasa aplikasi akad jual beli atau sewa terasa seperti aplikasi akad dalam qardul hassan (pinjaman kebaikan) yang intinya hanya untuk membantu.

Di BMT aku merangkap beberapa tugas sekaligus selain sebagai staff akunting aku juga adalah seorang teller, staff EDP, bagian pembelian, cleaning services, administrasi kadang juga jadi manajer (becanda). Tapi kini kami ada dalam masalah genting, Yuga rekanku akan resign karena akan mengikuti tugas kahir di kuliahnya.

Isi Dompetku
Waduh sebenarnya agak malu menulis tentang hal yang paling sensitif ini. Apalagi ini masalah intern perusahaan. Tapi kayaknya perlu untuk diaudit sama akuntan publik. Pengumuman !!! isi tromol masjid, ehdompetku, saldo tertanggal 6 muharram 1431/23 desember 2009 adalah sebesar Rp. 135.000,-. Dengan rincian pengeluaran bulan desember sampai dengan tertanggal 23/12/09 adalah sebagai berikut :
  • Pengeluaran bensin Rp. 212.000,-
  • Bayar cicilan motor Rp. 691.000,-
  • Jajan dan fotokopi Rp. 60.000,-
  • pulsa Rp. 75.000,-
  • Pinjamin kakak Rp. 150.000,-
  1. Beli buku Urban Art Creatif Design Rp. 50.000,-
  2. Beli buku Fikih Islam Lengkap Rp. 52.000,-
  3. Beli Buku Sistem Moneter Islam Rp. 54.900,-
  4. Beli Buku Manajemen Syariah Rp. 51.900,-
  5. Beli Fan Prosesor Rp. 55.000,-
  6. Beli buku Metode Insani Rp. 27.900,-
point 1-6 debit atm syariah mandiri.
Menurutku ini adalah laporan pengeluaran terbesarku sepanjang masa. Untuk beli buku-buku itu aja tabunganku di BSM tinggal 50ribu (ngisinya lagi gimana ?). Semoga gak sia-sia beli buku-buku tadi.

1 comments:

  1. daftar pengeluarannya koq gak ada yg buat makan sih boz...emang puasa terus ya?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak, tapi jangan spam !